5 Rekomendasi Kuliner Pancake Khas Vietnam Yang Wajib Di Coba

5 Rekomendasi Kuliner Pancake Khas Vietnam Yang Wajib Di Coba

5 Rekomendasi Kuliner Pancake Khas Vietnam Yang Wajib Di Coba

5 Rekomendasi Kuliner Pancake Khas Vietnam Yang Wajib Di Coba

5 Rekomendasi Kuliner Pancake Khas Vietnam Yang Wajib Di Coba – Vietnam adalah salah satu negara yang terkenal akan kulinernya yang beragam.

Kuliner yang sukses memanjakan lidah, sehingga membuat banyak wisatawan ketagihan, bahkan saat sekali coba. Banyak hidangan yang di sajikan, seperti bubur, sup, olahan daging, hingga ikan.

Salah satu makanan yang menjadi favorit adalah pancake asal negara ini. Beraneka ragam pancake bisa di cicipi yang sebagian besar mempunyai rasa yang gurih dan asin. Berikut ada rekomendasi pancake khas Vietnam yang cocok di santap waktu bersantai anda, yuk kita simak langsung.

1. Banh xeo

Banh Xeo merupakan pancake khas Vietnam yang terkenal renyah dan gurih. Bahan-bahan pembuatannya, antara lain tepung beras yang di kombinasikan dengan air, kunyit, dan santan atau krim kelapa untuk membuat adonan kuning kental.

Pancake ini juga membutuhkan bahan tambahan, seperti daun bawang, tauge, udang, dan daging babi atau sapi yang dipotong dadu. Hidangan ini d igoreng pada suhu rendah dan dilipat menjadi dua dengan lembut untuk menjaga bahan-bahan tetap aman di dalam pancake.

2. Banh khoai

Banh khoai merupakan makanan tradisional Vietnam yang berasal dari wilayah Hue. Dalam pembuatannya umumnya memerlukan bahan-bahan, seperti tepung beras, air, telur, gula, dan garam.

Kemudian bahan-bahan digoreng ke dalam wajan dan di atasnya akan diberi irisan jamur, daging babi, udang, tauge, wortel, potongan sosis Vietnam, dan daun bawang. Kemudian digoreng lagi sampai renyah dan berwarna cokelat keemasan.

Setelah semua proses selesai, maka pancake ini akan dimakan bersamaan dengan saus khusus yang berisi wijen, selai kacang, kacang tanah, dan hati babi. Makanan ini juga diberi hiasan tambahan, seperti daun shiso, selada, dan basil Asia.

3. Banh uot

Banh uot merupakan pancake khas Vietnam yang mempunyai ketebalan setipis kertas, bahkan hampir tembus pandang. Bahan utama pembuatannya adalah tepung beras dan tapioka atau tepung kentang.

Cara pembuatannya, yaitu secara tradisional pancake dikukus di atas wadah uap khusus dan biasanya disajikan dalam gulungan. Untuk menambah cita rasa, pancake ini dilengkapi dengan nuoc cham atau kecap ikan, sosis cha lụa, daging babi, dan bawang merah goreng.

4. Banh khọt

Banh khọt yang gurih menjadi favorit banyak penduduk lokal. Untuk menambah cita rasa, pancake ini akan dibumbui dengan saus ikan yang menjadi pelengkap utama bánh khọt. Warna kuning dari pancake ini berasal dari kunyit dan pemberian topping udang sering di gunakan.

5. Banh can

Banh can merupakan pancake khas Vietnam yang gurih. Pancake ini terbuat dari adonan tepung beras dengan tekstur yang tipis. Untuk menambah kelezatannya, maka banh can akan disajikan dengan saus ikan dan berbagai rempah segar. Disajikan juga bersama dengan sayuran berdaun yang digunakan sebagai pembungkus.